Wednesday, December 14, 2011

MORE or LESS

Mana yang lebih banyak: Rp 1.000 atau Rp 10.000?

Apakah Anda orang yang menjawab Rp 10.000 lebih banyak dari Rp 1.000? Tidak ada maksud menilai atau apapun toh memang Rp 10.000 lebih banyak jumlahnya.Bagaimana dengan perkara nilai kedua nominal itu? Mana yang lebih bernilai?

Seorang pejuang kehidupan harus berdiri di jalanan terbakar terik mentari, dan kadang bermandikan hujan demi memperjuangkan Rp 1000 yang mungkin mereka akan peroleh. Yang dengannya mereka berjuang bertahan hidup.

Sementara seorang yang lain menghambur-hamburkan uang karena merasa mudah mendapatkannya. Menghabiskan harta demi sesuatu yang tidak ada faedahnya.

Kini mana yang lebih bernilai jika keduanya memberi dalam jumlah yang sama? Keduanya memberi Rp 1.000, mana yang lebih banyak?

Mungkin Anda akan berkata keduanya memberi jumlah yang sama... tapi kawan, bukankah sang pejuang kehidupan memberi lebih banyak. Ia hanya mempunyai Rp 1.000 dan ia memberikan Seluruhnya (100%), sedangkan ia yang gemar berfoya-foya memberi Rp 1.000 sebagai sebagian dari yang yang punya (<100%).

Kawan, permbarian tidak selalu berupa harta. Dalam bekerja kita pun memberikan sesuatu. Dalam kehidupan bermasyarakat juga kita memberi sumbangsih... kini yang kita pikirkan seberapa besar nilai pemberian kita tidak lagi jumlah..,beranjaklah kepada nilai. Lakukan sesuatu dengan totalitas. Berikan 100%, berusaha senantiasa memberi yang terbaik.. meski kadang tidak dihargai.

No comments:

Post a Comment